Obat Herbal Asma

Penyakit Asma bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya Penyakit Asma. Penyakit Asma adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya membuat seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir, karena hal itu akan lebih memicu terjadinya sesak nafas.

Gejala Penyakit Asma


  • Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas. Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya terdegar wheezing adalah penderita asma.
  • Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).
  • Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
  • Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit.
  • Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.
  • Pada usia anak-anak, gejala awal dapat berupa rasa gatal di rongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan yang berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.



Jenis Asma dan Gejalanya

Berikut ini beberapa jenis asma dan gejala yang menyertainya seperti dikutip dari laman Detik.com:


  1. Intermitten: Gejalanya biasanya 1 bulan sekali, termasuk jarang-jarang, serangan singkat di malam hari, dan paru-paru masih dalam keadaan normal.
  2. Persisten ringan: Gejalanya 1 kali seminggu, bisa sampai terbangun tiba-tiba 2 kali sebulan tetapi paru-paru masih normal.
  3. Persisten sedang: Gejalanya setiap hari, serangan mulai mengganggu tidur dan aktivitas, kondisi paru-paru mulai tidak normal, arus puncak ekspirasi (APE) dan volume ekspirasi paksa (VEP) terbaik hanya 60-80 persen.
  4. Persisten berat: Gejala terus menerus sekitar 3 atau 4 kali, sering kambuh setiap malam, aktivitas terganggu bahkan bisa sampai tidak bisa keluar rumah, APE dan VEP kurang dari 80 persen.


Obat Asma Tradisional

Penyakit Asma bisa juga diobati dengan ramuan tradisional berbahan dasar herbal alami. Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati Asma.

1. Bunga Kenanga
Selain harum, bunga yang satu ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat. Salah satunya obat untuk penyakit Asma. Caranya, sediakan 15 sampai 30 gram bunga kenanga, 1,5 sendok teh gula pasir dan air secukupnya. Pertama-tama, bunga kenanga direbus dalam 200cc air hingga tersisa 100cc, kemudian tambahkan gula pasir. Setelah diaduk ramuan disaring dan diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

2. Kulit Buah Semangka

Siapa yang memakan semangka dengan kulitnya? Haha, tentu saja tidak ada. Karena kulit semangka memang bukan sesuatu yang dapat dimakan. Namun meski begitu, kulit semangka bisa dijadikan sebagai obat bagi penderita asma. Caranya dengan merebus 15 gram kulit buah semangka kering dengan bunga kenangan kering dalam 400 cc air hingga tersisa 200cc. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari.

3. Bunga Matahari
Selain bunga kenanga, bunga matahari juga bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan asma. Caranya, ambil sekuntum bunga matahari langsung dari tangkainya lalu direbus bersama gula batu dalam 500cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Oh ya, bagian bunga matahari yang digunakan hanya bagian tengahnya saja.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Obat Herbal Asma

Posted by Princess, Published at 00.49.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar